Tabulampotku

Wednesday, March 5, 2014

Jual Manual Brewing & Mesin Espresso / Alat Seduh Kopi Murah Surabaya beserta Gratis Pelatihan Barista


Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan :

1.                   Kopi Bermanfaat Sebagai Pembangkit Stamina
2.                   Kopi dapat menurunkan resiko penyakit batu empedu
3.                   Kopi sebagai penambah energi extra
4.                   Kopi dapat menghilangkan rasa kantuk
5.                   Bubuk kopi dapat digunakan untuk menghaluskan kulit dengan cara di campur dengan air putih kemudian oleskan pada kulit
6.                   Kopi dapat mencegah penyakit jantung
7.                   Kopi dapat mencegah penyakit kangker
8.                   Kopi dapat mecegah penyakit diabetes
9.                   Kopi dapat mencegah penyakit batu ginjal
10.                Kopi dapat menyembuhkan sakit kepala
11.                Kopi dapat menurunkan resiko penyakit parkinson
Apa yang ada dalam benak anda ketika mendengar kata kopi?
Ya, kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari di dunia. Jika anda adalah salah satunya, maka anda harus memperhatikan faktor-faktor berikut jika anda ingin menghasilkan sajian kopi yang nikmat.
-Faktor pertama : Kualitas biji kopi
Tentu kualitas kopi tidak akan terlepas dari biji kopi yang dipergunakan. Kualitas biji kopi tergantung pada kombinasi beberapa faktor, di antaranya selang waktu antara penggilingan dan pemanggangan. Semakin cepat biji digiling setelah dipanggang akan semakin baik karena bila terlalu lama akan mengurangi kualitas kopi. Tapi hal ini bisa diminimalisir jika Anda menyimpannya dengan tepat.
-Faktor kedua : Kualitas air
Selain biji kopi, kualitas air juga sangat menentukan kualitas kopi yang dihasilkan karena 98% penyusun kopi adalah air. Oleh karena itu, Anda perlu tahu ciri-ciri air yang berkualitas baik. Ciri-ciri tersebut antara lain adalah bahwa air harus terbebas dari kontaminan, ketidakmurnian, kandungan mineral tinggi, tingkat keasaman (pH) yang tidak sewajarnya, bau, dan sebagainya.
-Faktor ketiga : Proporsi
Proporsi antara biji kopi dan air akan menentukan kadar kepekatan kopi. Setelah diadakan penelitian, ternyata banyak orang yang menyukai perbandingan 10 g kopi (2 sendok makan) dengan 180 ml air. Utk classic drip, gunakan 2 sdt (sendok the) dengan air panas sebanyak 1 cup-nya classic drip.
Jika anda lebih menyukai kopi yang kurang pekat, maka pergunakanlah rasio kopi : air yang lebih rendah. Namun, bila kopi yang lebih pekat menjadi pilihan anda, maka pergunakanlah rasio kopi : air yang lebih tinggi. Dengan memodifikasi rasio ini, anda dapat menentukan kepekatan kopi ideal yang anda inginkan.
-Faktor keempat : Penggerusan
Pastikan anda menggerus kopi secara optimal karena air panas akan mengekstrak jumlah ideal elemen kopi dan proses pemasakan yang terjadi juga ideal, serta menghasilkan aroma dan rasa yang mantap. Jangan menggerus kopi lebih kasar atau lebih halus dari tingkat optimalnya karena keduanya akan mengurangi rasa dan aroma kopi. Kopi yang digerus lebih kasar daripada optimalnya akan menghasilkan ekstraksi yang buruk, sedangkan kopi yang digerus lebih halus daripada optimalnya akan terjadi kelebihan ekstraksi sehingga menghasilkan rasa yang pahit.
-Faktor kelima : Suhu
Pastikan anda menyeduh kopi dengan waktu yang sesuai dan pada selang waktu yang sesuai pula (jika Anda menggunakan coffee maker). Biasanya, suhu optimal pemasakan kopi adalah sekitar 92-96oC. Sedikit modifikasi suhu (2-3oC) mungkin lebih baik untuk beberapa jenis kopi, atau beberapa orang yang memiliki selera agak berbeda dari biasanya. Satu hal yang harus Anda perhatikan selama proses pembuatan sajian kopi adalah kestabilan suhu. Ketidakstabilan suhu pada espresso maker merupakan salah satu alasan kenapa rasa espresso jadi tidak enak. Kisaran suhu selama proses hendaknya tidak lebih dari beberapa derajat karena kisaran suhu lebih banyak akan mengakibatkan ekstraksi berjalan tidak optimal.
-Faktor keenam : Mesin kopi (coffee machine) dan cangkir
Mesin memegang peranan yang penting dalam pemasakan kopi sehingga anda harus menjamin bahwa mesin anda berkualitas baik. Mesin tersebut dicirikan dengan kemampuannya untuk menjaga kestabilan suhu. Selain itu, mesin harus dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dengan sedikit perawatan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pembersihan rutin mesin Anda agar mesin anda dapat terus bekerja optimal selama bertahun-tahun.
“Ingatlah bahwa mesin yang bersih memberikan rasa kopi yang lebih enak daripada mesin yang kotor”
Jangan sembarangan menggunakan produk pembersih, pergunakan hanya yang direkomendasikan untuk mesin anda.
Setelah kopi selesai dimasak, maka penyajian kopi harus memperhatikan cangkir kopi yang dipergunakan. Cangkir kopi yang ideal harus memiliki diameter yang cukup sehingga aroma dapat mencapai hidung. Hal ini karena aroma merupakan faktor utama yang mempengaruhi indera perasa.
Selain itu, cangkir kopi yang Anda pergunakan juga harus mampu menjaga suhu kopi tetap panas untuk waktu yang cukup lama. Anda bisa menyiapkan cangkir porselen karena kemampuan insulasi suhunya. Bila Anda menghendaki, anda juga dapat menyiapkan cangkir yang terbuat dari baja tahan karat atau yang berdinding gelas ganda, yang tentunya memiliki kemampuan insulasi yang lebih baik.
Ada berbagai cara menyeduh (brewing) kopi :


1.  Metode ini disebut juga dengan Filter Method Sampai saat ini, drip method merupakan cara membuat kopi yang paling populer karena kesederhanaan dan efisiensinya.
Cara pembuatan :
Air dituang ke kopi bubuk yang diletakkan di atas kertas saring, menuju ke bejana kopi.  Untuk menyeduhnya, cukup panaskan bejana kopi tersebut dan kopi siap disajikan. Metode ini sangat menarik soalnya hasilnya sangat lembut tapi kaya akan rasa! Wiihh… Penasaran kan? 

2. Nah, metode yang satu ini pasti udah sering banget kamu temui di kedai-kedai kopi. French Press mempunyai nama lain Plunger atau Cafetiere. Metode French Press mengekstrak paling banyak cita rasa yang terdapat di dalam kopi bubuk dan metode ini merupakan cara kedua yang paling populer. Harga alatnya juga terjangkau dan dapat diperoleh di mana-mana. 







3. Turkish Coffee / Ibrik Style
Disebut juga Arab Method. Cara ini mungkin merupakan asal muasal cara pembuatan kopi pertama kali dan kopi yang dihasilkan juga mempunyai rasa yang sangat kuat dan pekat. Pastinya ngga semua orang akan menyukai kopi jenis ini sih :)
Cara pembuatan :
Kopi digiling secara manual menggunakan lesung dan alu, atau menggunakan alat penggiling kopi yang disebut kahve değirmeni,lalu ditaruh di sebuah bejana yang disebut ibrik bersama gula dan air. Kemudian campuran ini dididihkan tiga kali dan dituang ke dalam cangkir.

4. Vacuum / Syphon
Metode ini juga disebut dengan siphon. Cara kerja alat ini sangat lambat dan prosesnya cukup unik. Patut dicoba!
Cara pembuatan :
Air dipanaskan hingga mendidih di dalam teko gelas. Di atas teko tersebut diletakkan bejana gelas berisi kopi bubuk. Air yang panas akan naik ke bejana gelas berisi kopi bubuk, aduk sebentar kira-kira satu menit. Di bejana gelas ini kopi telah siap disajikan namun masih terdapat ampas kopi. Nah, ketika suhu teko gelas di bagian bawah telah mendingin, air kopi di bejana gelas akan turun ke bawah (karena gravitasi dan perbedaan tekanan). Ampas kopi akan tetap tertinggal di atas karena atas kertas saring. Kopi kemudian siap disajikan!



5. Neapolitan Flip Disebut juga Reversible Drip Pot /Vietnam drip. Dari gambarnya sih alat ini terlihat seperti dua cangkir kopi yang saling bertumpuk.
Cara pembuatan :
Di antara dua cangkir tersebut terdapat alat penyaring yang telah diisi kopi bubuk. Cangkir yang bawah diisi dengan air dan dipanaskan sampai mendidih. Kemudian alat ini dipindahkan dari kompor dan dibalik. Air kemudian akan mengalir melalui saringan dan kopi bubuk, lalu menetes ke cangkir kopi bagian bawah (yang semula berada di atas) 


6. Manual Brew: Pour Over
Beberapa literatur dan hasil percobaan gue membuktikan kalau metode  pour over bikin kopi kita terasa menjadi lebih lembut. Meskipun lembut, namun metode ini tetep bikin karakter-karakter kopi yang menarik dapat muncul lebih jelas ketimbang cuma kita seduh biasa. Metode pour oversebenarnya sih ada macam-macam, tapi biar ga jadi ribet kita bahas satu aja dulu yaitu model V60.
V60 itu modelnya yang bentuknya kerucut ke bawah gt, terus di bagian dinding dalamnya terdapat alur berputar yang nantinya akan membantu si kopi terektraksi dengan air yang kita tuang memutar di atasnya. Eh sampe lupa, ada 1 hal lagi yang penting di metode ini, yaitu si kertas penyaringnya (paper filter). Ini juga sangat penting loh, saking pentingnya kertasnya sendiri menggunakan material khusus dan bentuknya juga khusus. Kenapa penting? Hhhmm, akan lebih mudah kalau teman-teman browsing sendiri di google! Tapi kalo gue pokoknya berpendapat kalau si kertas itu berfungsi sebagai penahan dan penyaring. 
Maksudnya di sini, si kertas menahan ampas kopi saat si kopi kita tuang dengan alur/pola tertentu, sehingga air akan membutuhkan waktu untuk melewati kopi. Nah, ketika air secara perlahan meluncur ke bawah mengikuti alur/pola air penuangan kita dan juga alur dari V60 itulah proses ekstraksi rasa dari kopi terjadi.
Selanjutnya, saat kopinya telah terekstraksi maka ampas kopi akan tertahan di atas kertas. Nah pori-pori kertas kan cukup kecil sehingga hanya air yang dapat melewati kertas tersebut. Jadinya di sinilah proses penyaringan dimulai, yaitu saat hasil ektraksi kopi tadi meluncur melewati kertas tanpa membawa ampas yang membuat beberapa karakter kopi atau rasa yang tidak perlu menjadi tidak terasa nanti di secangkir kopi yang kita minum.
Tapi meskipun begitu, hati-hati ya karena kalau caranya salah maka metode ini belum tentu bisa menghasilkan karakter rasa kopi yang seharusnya. Jadi, jangan langsung salahin kopinya yang jelek atau nggak bagus. Terkadang ada yang suka salah dalam menyeduh kopi karena melupakan hal seperti:
1. Waktu kontak antara air dan kopi
2. Suhu air yang digunakan
3. Jenis air yang digunakan
4. Kebersihan peralatan
5. Kesegaran kopi
6. Dll.

Nah, bagaimana? Penasaran dengan sensasi ngopi dengan cara yang berbeda dari yang biasa anda lakukan? Apalagi untuk kedai, cafe, restoran atau hotel anda, tentu akan menambah daya tarik pembeli untuk mencoba alat2 tersebut.

Bagi anda yang mungkin tertarik dengan alat2 brew tersebut, bisa anda beli di toko2 khusus penjual alat2 caffe atau bisa pesan di 45coffeshop dgn harga yang terjangkau, paling murah dan bersahabat, 
untuk informasi, pertanyaan atau pemesanan silahkan menghubungi : 
WA,BBM,SMS, Call 
Sdr Admin    : 085269977555, ===> 24 Jam, 
CS              :  08113554545
IG : 45_Coffeeshop

Bagi anda yang ingin melihat pricelist kopi kami silahkan klik link dibawah:
Pricelist / harga kopi 45coffeeshop
Untuk anda yang ingin melihat galery 45coffeshop, silahkan klik link berikut:
Galery photo 45coffeeshop
Untuk mengetahu teknik dasar manual brewing klik :
Teknik dasar manual brewing / cara seduh kopi  
Alamat kami : 
Cafe dan Workshop :
Perum Graha Asri Sukodono blok B no 1, Sukodono, Sidoarjo Jatim. Indonesia.Telp 031-8831656
Lihat Lokasi klik : Lokasi 45coffeeshop

Untuk alat kopi yang kami sediakan antara lain adalah sebagai berikut : 
Syphon
Houseblend Arabika Robusta






































Percayakan Segala kebutuhan cafe atau kedai kopi anda kepada kami 45Coffeeshop, Kami akan membantu dengan sepenuh hati.


41 comments:

Unknown said...

Aroma kopinya sampai sini gan >,< Saya kalau buat kopi pakai mesin kopi gan, aromanya lebih keluar xD

Unknown said...

Minta contact person nya dong.... ada rencana mau buka lapak kopi... ini contact saya 0821 2226 3400

paul said...

085269977555 mas

Anonymous said...

Mas mau beli bellman cx 25 nya masih ada kah..?
Saya dari trenggalek

Afa said...

alamatnya mana??

Afa said...

alamatnya mana??

Unknown said...

Alamatnya di mana pak..tanks

Unknown said...

Untuk buka kedai kopi bagi pemula,,kita" butuh modal berapa yah ??

Seger widodo said...

terinspirasi buka lapak kedai kopi nih gan, mksh infonya..

Unknown said...

Penngen banget buka kedai kopi ni gan, tpi masih blum tau alat alat dn bahan yang di butuhkan

Ini kontak saya gan 5A066E68 085334076404. Bloh minta kontak person nya ?

paul said...

untuk fast respon bs melalui 085269977555 , kami tunggu ya

Anonymous said...

Terimakasih Om, paketan alat nya udah sampe dengan selamat dan cepat. Sekarang Kedai kopi ku jadi tambah ramai, sampe kualahan nih hehehe.
Sukses selalu buat 45coffeeshop

Unknown said...

Pelayanan sangat ramah dan memuaskan,pengiriman cepat...

paul said...

@Anonymous
Snang bsa mlayani anda. Smoga sukses selalu.

Salam kopi nusantara

paul said...

Trima kasih mas
Ditunggu orderan selanjutnya.

Salam kopi nusantara
Salam 45coffeeshop

paul said...

@Anonymous
Snang bsa mlayani anda. Smoga sukses selalu.

Salam kopi nusantara

Unknown said...

malam gan ... numpang lewat ni alamatnya dmana gan tks

paul said...

Untuk workshop Kita ada perum graha asri sukodono blok a no 7 sukodono sidoarjo
Gerai kita ada di perum deltasari indah blok AA no 2 waru sidoarjo mas

paul said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Mau tanya, alamatnya dimana mas, saya mo lihat alat2 pembuat kopinya, rencana mo buka kedai kecil2an dulu. Trims.

paul said...

@Captiva juke
Workshop : Perum Graha Asri Sukodono Blok A no.7 Sukodono Sidoarjo
Cafe I : Perum Deltasari Indah Blok AA no.2 Waru Sidoarjo
Cafe 2 : Ruko manyar jaya praja 6 no 75c jl.nginden semolo surabaya
Telp/WA : 085269977555 / 081269977555

Silahkan mas bisa hubungi no wa atau bisa langsung ke kedai kami. Untuk Alat2 dan biji kopi, ready di workshop dan cafe 1. Kami tunggu kedatangannya.....

#salam_kopi_nusantara

Petanidesa said...

Alamtnya mana om

paul said...

@kaiva efranda:

Workshop : Perum Graha Asri Sukodono Blok A no.7 Sukodono Sidoarjo
Cafe : Perum Deltasari Indah Blok AA no.2 Waru Sidoarjo
Telp/WA : 085269977555 / 081269977555


Silahkan mas :)

NONTON FILM ONLINE said...

numpang nanya gan alamatnya dimna gan,,

paul said...

@Nonton Film Online :

Alamat kita

Cabang : Deltasari Indah Blok AA no 2. Waru. Sidoarjo
Workshop : Graha Asri Sukodono Blok A no 7. Sukodono Sidoarjo

Silahkan mampir mas ;)


Salam Kopi Nusantara
Salam 45Coffeeshop

Unknown said...

kalo mau beli alat tmpatnya di deltasari atau sukodono gann...

paul said...

@Hendrik Harianto : Ready stok alat yg lengkap bisa di sukodono mas. utk yg di deltasari cm ada beberapa alay aja yg di display..

Unknown said...

tempatnya asik, dan baristanya ramah cocok buat sharing ilmu
asli recommended

paul said...

@Unknown : Hehe.. sipp gan, terima kasih testimony nya.. kita tingkatkan terus pelayanan kita.


Terima Ksih sudah mampir di kedai kita :D

Unknown said...

Pagi Mas, minta Pricelist terbaru terkait alat dan bean kopi, termasuk paket usaha kedai kopinya mas, krm k email ini mas. mariokeraf92@gmail.com
Terima Kasih

paul said...

@mario keraf : file update pricelist sdh kita kirim via email. silahkan dicek..


Terima kasih..

Anonymous said...

Minta update price list alat kopi donk

paul said...

@Anonymous : ada email mas ? kita kirim file pricelist nya..

Anonymous said...

gan coba minta rincian harga
untuk alat alat nya terutama yang diperlukan untuk membuka
coffe shop

email kesini ya gan
kurniaseptyanputra@gmail.com

thanks

Unknown said...

Bosku boleh minta price liatnya, terus alat-alat yang paling penting buat buka Coffee shop apa saja? Terima kasih haquza02@gmail.com

Agro kurniawan said...

Bosku boleh minta price liatnya, terus alat-alat yang paling penting buat buka Coffee shop apa saja? Terima kasih agrokurniawan25@gmail.com

paul said...

@agro: boleh gan, segera kami kirimkan pricelistnya

Unknown said...

Boleh kirim price list harga untuk beberapa alat yg paling penting dan biasa digunakan untuk kedai coffee

paul said...

boleh dikirimkan emailnya, atau konfirmasi ke kami via whatsapp di nomor 085269977555

Unknown said...

Bisa minta kontak yg paling update mas? Plan mau bikin kedai kopi dirumah saya. Ini kontak saya 082132751175. Terima kasih sebelumnya.

Unknown said...

Mesin Kopi

/*tambahan lagi*/