Tabulampotku

Sunday, June 1, 2014

Kopi Arabika Bowongso, Wonosobo

Gunung Sumbing
Wonosobo, Antara Jateng - Wilayah Kabupaten Wonosobo di sekitar Gunung Sumbing dan Sindoro cocok untuk pengembangan tanaman kopi arabika, kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Wonosobo Abdul Munir.
"Secara hydrologis dan geologis Wonosobo memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar dan beragam, salah satunya untuk pengembangan kopi arabika," katanya usai melakukan panen perdana kopi arabika di Dusun Jenggeran, Desa Butuh Kidul, Kecamatan Kalikajar, Wonosobo, Rabu.

Ia mengatakan, wilayah Wonosobo yang terletak di sekitar Gunung Sindoro dan Sumbing mempunyai kesuburan tanah sangat baik sehingga berpengaruh terhadap potensi perkebunan dan pertanian di wilayah ini.
Ia menuturkan, dari luas wilayah sekitar 98.467 hektare, sekitar 65 persen merupakan daerah tegalan atau lahan kering dan pekarangan yang tanah dan iklimnya sangat cocok untuk pengembangan tanaman kopi, salah satunya jenis kopi arabika.
Abdul menyebutkan, luas areal tanaman kopi arabika di Kabupaten Wonosobo pada 2012 sekitar 625,50 hektare dengan produksi mencapai 230 ton gelondong basah merah atau 104 ton ose.
Areal tanaman kopi arabika tersebar di kawasan Gunung Sindoro dan Sumbing meliputi Kecamatan Kalikajar, Sapuran, Kertek, Wonosobo, Watumalang, Mojotengah, Kejajar dan Kecamatan Garung.
Ia mengatakan, pengembangan komoditas kopi memiliki prospek yang cerah, karena konsumsi kopi dunia setiap tahun terus naik. Tahun 2011 konsumsi kopi dunia sebanyak 135,03 juta bag ( satu bag setara dengan 60 kilogram) atau naik 2,4 persen dibandingkan dengan tahun 2010. Tahun 2012 konsumsi kopi dunia naik menjadi 136,5 juta bag.
"Prospek tersebut berdampak positif pada perkembangan perkebunan kopi arabika di Wonosobo," katanya.
Ia mengatakan, kopi arabika merupakan jenis kopi yang masih dipertahankan sebagai komoditas unggulan dalam peningkatan ekspor. Peluang pasar ekspor tersebut apabila dikembangkan akan mendukung dalam meningkatkan perekonomian petani kopi yang secara otomatis akan berimplikasi pada peningkatan perekonomian daerah.

Sumber : http://www.antarajateng.com/
Karakter dari kopi Bowongso : Smooth, earthy, strong tobacco taste, caramel, Medium acidity,
Untuk mengetahui Harga kopi Wonosobo, Bowongso bisa di lihat di halaman pricelist coffee kami atau menghubungi no telp 085269977555 pin 5CBBB1C7 telp 031-8831656


Baca selengkapnya

Wednesday, March 5, 2014

Jual Manual Brewing & Mesin Espresso / Alat Seduh Kopi Murah Surabaya


Manfaat Kopi Hitam Bagi Kesehatan :

1.                   Kopi Bermanfaat Sebagai Pembangkit Stamina
2.                   Kopi dapat menurunkan resiko penyakit batu empedu
3.                   Kopi sebagai penambah energi extra
4.                   Kopi dapat menghilangkan rasa kantuk
5.                   Bubuk kopi dapat digunakan untuk menghaluskan kulit dengan cara di campur dengan air putih kemudian oleskan pada kulit
6.                   Kopi dapat mencegah penyakit jantung
7.                   Kopi dapat mencegah penyakit kangker
8.                   Kopi dapat mecegah penyakit diabetes
9.                   Kopi dapat mencegah penyakit batu ginjal
10.                Kopi dapat menyembuhkan sakit kepala
11.                Kopi dapat menurunkan resiko penyakit parkinson
Apa yang ada dalam benak anda ketika mendengar kata kopi?
Ya, kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari di dunia. Jika anda adalah salah satunya, maka anda harus memperhatikan faktor-faktor berikut jika anda ingin menghasilkan sajian kopi yang nikmat.
-Faktor pertama : Kualitas biji kopi
Tentu kualitas kopi tidak akan terlepas dari biji kopi yang dipergunakan. Kualitas biji kopi tergantung pada kombinasi beberapa faktor, di antaranya selang waktu antara penggilingan dan pemanggangan. Semakin cepat biji digiling setelah dipanggang akan semakin baik karena bila terlalu lama akan mengurangi kualitas kopi. Tapi hal ini bisa diminimalisir jika Anda menyimpannya dengan tepat.
-Faktor kedua : Kualitas air
Selain biji kopi, kualitas air juga sangat menentukan kualitas kopi yang dihasilkan karena 98% penyusun kopi adalah air. Oleh karena itu, Anda perlu tahu ciri-ciri air yang berkualitas baik. Ciri-ciri tersebut antara lain adalah bahwa air harus terbebas dari kontaminan, ketidakmurnian, kandungan mineral tinggi, tingkat keasaman (pH) yang tidak sewajarnya, bau, dan sebagainya.
-Faktor ketiga : Proporsi
Proporsi antara biji kopi dan air akan menentukan kadar kepekatan kopi. Setelah diadakan penelitian, ternyata banyak orang yang menyukai perbandingan 10 g kopi (2 sendok makan) dengan 180 ml air. Utk classic drip, gunakan 2 sdt (sendok the) dengan air panas sebanyak 1 cup-nya classic drip.
Jika anda lebih menyukai kopi yang kurang pekat, maka pergunakanlah rasio kopi : air yang lebih rendah. Namun, bila kopi yang lebih pekat menjadi pilihan anda, maka pergunakanlah rasio kopi : air yang lebih tinggi. Dengan memodifikasi rasio ini, anda dapat menentukan kepekatan kopi ideal yang anda inginkan.
-Faktor keempat : Penggerusan
Pastikan anda menggerus kopi secara optimal karena air panas akan mengekstrak jumlah ideal elemen kopi dan proses pemasakan yang terjadi juga ideal, serta menghasilkan aroma dan rasa yang mantap. Jangan menggerus kopi lebih kasar atau lebih halus dari tingkat optimalnya karena keduanya akan mengurangi rasa dan aroma kopi. Kopi yang digerus lebih kasar daripada optimalnya akan menghasilkan ekstraksi yang buruk, sedangkan kopi yang digerus lebih halus daripada optimalnya akan terjadi kelebihan ekstraksi sehingga menghasilkan rasa yang pahit.
-Faktor kelima : Suhu
Pastikan anda menyeduh kopi dengan waktu yang sesuai dan pada selang waktu yang sesuai pula (jika Anda menggunakan coffee maker). Biasanya, suhu optimal pemasakan kopi adalah sekitar 92-96oC. Sedikit modifikasi suhu (2-3oC) mungkin lebih baik untuk beberapa jenis kopi, atau beberapa orang yang memiliki selera agak berbeda dari biasanya. Satu hal yang harus Anda perhatikan selama proses pembuatan sajian kopi adalah kestabilan suhu. Ketidakstabilan suhu pada espresso maker merupakan salah satu alasan kenapa rasa espresso jadi tidak enak. Kisaran suhu selama proses hendaknya tidak lebih dari beberapa derajat karena kisaran suhu lebih banyak akan mengakibatkan ekstraksi berjalan tidak optimal.
-Faktor keenam : Mesin kopi (coffee machine) dan cangkir
Mesin memegang peranan yang penting dalam pemasakan kopi sehingga anda harus menjamin bahwa mesin anda berkualitas baik. Mesin tersebut dicirikan dengan kemampuannya untuk menjaga kestabilan suhu. Selain itu, mesin harus dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dengan sedikit perawatan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pembersihan rutin mesin Anda agar mesin anda dapat terus bekerja optimal selama bertahun-tahun.
“Ingatlah bahwa mesin yang bersih memberikan rasa kopi yang lebih enak daripada mesin yang kotor”
Jangan sembarangan menggunakan produk pembersih, pergunakan hanya yang direkomendasikan untuk mesin anda.
Setelah kopi selesai dimasak, maka penyajian kopi harus memperhatikan cangkir kopi yang dipergunakan. Cangkir kopi yang ideal harus memiliki diameter yang cukup sehingga aroma dapat mencapai hidung. Hal ini karena aroma merupakan faktor utama yang mempengaruhi indera perasa.
Selain itu, cangkir kopi yang Anda pergunakan juga harus mampu menjaga suhu kopi tetap panas untuk waktu yang cukup lama. Anda bisa menyiapkan cangkir porselen karena kemampuan insulasi suhunya. Bila Anda menghendaki, anda juga dapat menyiapkan cangkir yang terbuat dari baja tahan karat atau yang berdinding gelas ganda, yang tentunya memiliki kemampuan insulasi yang lebih baik.
Ada berbagai cara menyeduh (brewing) kopi :


1.  Metode ini disebut juga dengan Filter Method Sampai saat ini, drip method merupakan cara membuat kopi yang paling populer karena kesederhanaan dan efisiensinya.
Cara pembuatan :
Air dituang ke kopi bubuk yang diletakkan di atas kertas saring, menuju ke bejana kopi.  Untuk menyeduhnya, cukup panaskan bejana kopi tersebut dan kopi siap disajikan. Metode ini sangat menarik soalnya hasilnya sangat lembut tapi kaya akan rasa! Wiihh… Penasaran kan? 

2. Nah, metode yang satu ini pasti udah sering banget kamu temui di kedai-kedai kopi. French Press mempunyai nama lain Plunger atau Cafetiere. Metode French Press mengekstrak paling banyak cita rasa yang terdapat di dalam kopi bubuk dan metode ini merupakan cara kedua yang paling populer. Harga alatnya juga terjangkau dan dapat diperoleh di mana-mana. 







3. Turkish Coffee / Ibrik Style
Disebut juga Arab Method. Cara ini mungkin merupakan asal muasal cara pembuatan kopi pertama kali dan kopi yang dihasilkan juga mempunyai rasa yang sangat kuat dan pekat. Pastinya ngga semua orang akan menyukai kopi jenis ini sih :)
Cara pembuatan :
Kopi digiling secara manual menggunakan lesung dan alu, atau menggunakan alat penggiling kopi yang disebut kahve değirmeni,lalu ditaruh di sebuah bejana yang disebut ibrik bersama gula dan air. Kemudian campuran ini dididihkan tiga kali dan dituang ke dalam cangkir.

4. Vacuum / Syphon
Metode ini juga disebut dengan siphon. Cara kerja alat ini sangat lambat dan prosesnya cukup unik. Patut dicoba!
Cara pembuatan :
Air dipanaskan hingga mendidih di dalam teko gelas. Di atas teko tersebut diletakkan bejana gelas berisi kopi bubuk. Air yang panas akan naik ke bejana gelas berisi kopi bubuk, aduk sebentar kira-kira satu menit. Di bejana gelas ini kopi telah siap disajikan namun masih terdapat ampas kopi. Nah, ketika suhu teko gelas di bagian bawah telah mendingin, air kopi di bejana gelas akan turun ke bawah (karena gravitasi dan perbedaan tekanan). Ampas kopi akan tetap tertinggal di atas karena atas kertas saring. Kopi kemudian siap disajikan!



5. Neapolitan Flip Disebut juga Reversible Drip Pot /Vietnam drip. Dari gambarnya sih alat ini terlihat seperti dua cangkir kopi yang saling bertumpuk.
Cara pembuatan :
Di antara dua cangkir tersebut terdapat alat penyaring yang telah diisi kopi bubuk. Cangkir yang bawah diisi dengan air dan dipanaskan sampai mendidih. Kemudian alat ini dipindahkan dari kompor dan dibalik. Air kemudian akan mengalir melalui saringan dan kopi bubuk, lalu menetes ke cangkir kopi bagian bawah (yang semula berada di atas) 


6. Manual Brew: Pour Over
Beberapa literatur dan hasil percobaan gue membuktikan kalau metode  pour over bikin kopi kita terasa menjadi lebih lembut. Meskipun lembut, namun metode ini tetep bikin karakter-karakter kopi yang menarik dapat muncul lebih jelas ketimbang cuma kita seduh biasa. Metode pour oversebenarnya sih ada macam-macam, tapi biar ga jadi ribet kita bahas satu aja dulu yaitu model V60.
V60 itu modelnya yang bentuknya kerucut ke bawah gt, terus di bagian dinding dalamnya terdapat alur berputar yang nantinya akan membantu si kopi terektraksi dengan air yang kita tuang memutar di atasnya. Eh sampe lupa, ada 1 hal lagi yang penting di metode ini, yaitu si kertas penyaringnya (paper filter). Ini juga sangat penting loh, saking pentingnya kertasnya sendiri menggunakan material khusus dan bentuknya juga khusus. Kenapa penting? Hhhmm, akan lebih mudah kalau teman-teman browsing sendiri di google! Tapi kalo gue pokoknya berpendapat kalau si kertas itu berfungsi sebagai penahan dan penyaring. 
Maksudnya di sini, si kertas menahan ampas kopi saat si kopi kita tuang dengan alur/pola tertentu, sehingga air akan membutuhkan waktu untuk melewati kopi. Nah, ketika air secara perlahan meluncur ke bawah mengikuti alur/pola air penuangan kita dan juga alur dari V60 itulah proses ekstraksi rasa dari kopi terjadi.
Selanjutnya, saat kopinya telah terekstraksi maka ampas kopi akan tertahan di atas kertas. Nah pori-pori kertas kan cukup kecil sehingga hanya air yang dapat melewati kertas tersebut. Jadinya di sinilah proses penyaringan dimulai, yaitu saat hasil ektraksi kopi tadi meluncur melewati kertas tanpa membawa ampas yang membuat beberapa karakter kopi atau rasa yang tidak perlu menjadi tidak terasa nanti di secangkir kopi yang kita minum.
Tapi meskipun begitu, hati-hati ya karena kalau caranya salah maka metode ini belum tentu bisa menghasilkan karakter rasa kopi yang seharusnya. Jadi, jangan langsung salahin kopinya yang jelek atau nggak bagus. Terkadang ada yang suka salah dalam menyeduh kopi karena melupakan hal seperti:
1. Waktu kontak antara air dan kopi
2. Suhu air yang digunakan
3. Jenis air yang digunakan
4. Kebersihan peralatan
5. Kesegaran kopi
6. Dll.

Nah, bagaimana? Penasaran dengan sensasi ngopi dengan cara yang berbeda dari yang biasa anda lakukan? Apalagi untuk kedai, cafe, restoran atau hotel anda, tentu akan menambah daya tarik pembeli untuk mencoba alat2 tersebut.

Bagi anda yang mungkin tertarik dengan alat2 brew tersebut, bisa anda beli di toko2 khusus penjual alat2 caffe atau bisa pesan di 45coffeshop dgn harga yang terjangkau, paling murah dan bersahabat, 
untuk informasi, pertanyaan atau pemesanan silahkan menghubungi : 
WA,BBM,SMS, Call 
Sdr Admin    : 085269977555, pin 5CBBB1C7 ===> 24 Jam, 
                          081269977555  pin 5F37DF3D
CS              :  081249984484  pin BB : 2A69A63F
IG : 45_Coffeeshop

Bagi anda yang ingin melihat pricelist kopi kami silahkan klik link dibawah:
Pricelist / harga kopi 45coffeeshop
Untuk anda yang ingin melihat galery 45coffeshop, silahkan klik link berikut:
Galery photo 45coffeeshop
Untuk mengetahu teknik dasar manual brewing klik :
Teknik dasar manual brewing / cara seduh kopi  
Alamat kami : 
Cafe dan Workshop :
Perum Graha Asri Sukodono blok B no 1, Sukodono, Sidoarjo Jatim. Indonesia.Telp 031-8831656
Lihat Lokasi klik : Lokasi 45coffeeshop

Untuk alat kopi yang kami sediakan antara lain adalah sebagai berikut : 
Syphon
Houseblend Arabika Robusta





























Baca selengkapnya

Sunday, January 19, 2014

Jangan Sebut Anda Pencinta Kopi Sebelum Membaca Artikel Ini!

secangkir kopi dan pisang goreng 










Apakah anda pernah menikmati secangkir kopi dipagi hari dengan ditemani oleh sepiring pisang goreng hangat? 
Ketika digigit masih renyah krauk…krauk…
Hmm… Pasti nikmat ya..!! ( ´▽`)
Tapi kali ini saya tidak ingin berbagi artikel tentang cemilan tapi saya ingin berbagi informasi tentang kopi.
Pasti tidak asing lagi kan tentang minuman yang satu ini.
Dengan segala jenis keistimewaan yang ditawarkan oleh produsen kopi sachet tersebut, ada baiknya anda juga mencoba mengetahui fakta sebenarnya tentang kopi. Jadi bila anda memang pencinta kopi, silakan baca ulasan di bawah ini.Banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak sadar bahwa negara kita tercinta, Indonesia adalah penghasil kopi terbesar no.3 di dunia ( Setelah Brazil & Vietnam ).
Banyak yang tidak sadar pula bahwa bji kopi Indonesia yang berkualitas ( specialty ) diekspor keluar negeri.
Dan banyak pula orang Indonesia yang tidak sadar bahwa kopi sachet yang sering mereka minum selama ini seperti :
K*p*l *pi, T*p Coffee, Tor* Bik*, dll. Berasal dari kopi yang berkualitas rendah.
Bahkan beberapa perusahaan kopi Sachet mencampurkan bahan asing bersatu bersama biji kopi. Seperti kopi K*pal *** yang mencampurkan bahan tepung jagung agar mendapatkan rasa yang gurih dan manis.

Kopi Berkualitas Rendah

Percayakah anda, kopi sachet yang biasa agan biasa minum itu berasal dari kopi berkualitas rendah? Coba perhatikan baik-baik !
Harga normal biji kopi Robusta berkualitas baik, dan sudah disangrai, dijual di Indonesia berkisar seharga Rp 45.000 per 250 gram. Coba di bandingkan dengan Kapal Api..! Kalian bisa menebus 250 gram bubuk kopi Robusta Cap Kapal Api hanya dengan Rp 9000 (?).
Perbandingan yang cukup “Jomplang” kan?. Hampir mustahil kalau kopi sachetan itu berasal dari biji kopi yang berkualitas baik. Karena dari Modal Biji kopi Robusta berkualitas cukup baik yang sebelum di sangrai ( Green Bean ) seharga 50.000 per kilo. ( 50000/kilo : 1/4 = 12.500 ).
Jadi, butuh Rp 12.500 hanya untuk modal green bean nya saja, itu belum termasuk packaging, pemasaran, biaya sangrai, dll. Jelas rugi bila dijual dengan harga Rp 9.000 itu.
Perusahaan-Perusahaan kopi sachet pun mengakalinya dengan cara menggunakan biji berkualitas rendah atau bahkan menggunakan biji yang tidak lolos sortir ekspor (dibeberapa kasus pabrik lokal daerah) untuk menekan biaya produksinya.
green bean kualitas baik
Green Bean Kualitas Baik
green bean kualitas jelek
Green Bean Kualitas Jelek

Kopi luwak = Rp 1.500….Man! You Gotta Be Kidding Me!?

Minggu pagi yang cerah Agustus 2012. Di kos-kosan, saya tidak sengaja terbangun karena kehebohan teman kamar saya ” Yeah ! Akhirnya gue minum Kopi Luwak Bro !!! “. Rupanya teman saya yang satu ini heboh banget karena akhirnya membeli kopi sachet bermerk ” Luwak wed ngopi ” yang lagi booming banget di Iklan TV
( Contoh korban iklan nih ). Saya pun bertanya ke teman saya. ” Harganya berapaan bro? “, lalu dengan semangatnya teman saya menjawab “ Cuma 1500 Bro!, mantap nih kopi luwaknya putih lho! jadi aman di lambung “.
Saya pun langsung tidak percaya. “Man! you gotta be kidding me!?, malam minggu kemaren, gue minum kopi luwak di cafe. dan harganya itu Rp 100.000 per cup ! “. Jelas, ada yang ganjil dari kopi sachet satu ini. Lalu saya rebut kemasan kopi sachet itu dan saya lihat di belakangnya dengan maksud untuk melihat bahan2nya dan… Sungguh sangat Horror !

Berbagai macam bahasa kimia yang membuat saya pusing. Untuk kopinya hanya tercantum ” gula dan kopi rendah asam = robusta!?
Lalu saya bertanya kepada teman saya yang seorang mahasiswa magister di salah satu sekolah bisnis ternama di indonesia, yang kebetulan sesama pecinta kopi. Dia memberitahu saya, kalau ” luwak wed ngopi itu, hanya nama produk dagang.”
Mereka sama sekali tidak memakai biji luwak kopi pilihan. Itu hanya strategy marketing yang di namakan positioning. Karena pada tahun itu kopi luwak sedang ngetrend. Dan ini sangat membuat saya prihatin! (Sby mode: on ), orang awam pasti akan mengira ini kopi luwak asli, seperti kasus teman saya!
Dan sangat-sangat mustahil bila biji kopi luwak pilihan dijual seharga Rp 1.500 per sachet!?
Karena mungkin orang awam pun tahu kalau kopi luwak itu adalah salah satu produk dagang kopi termahal di dunia. Bahkan kopi luwak bisa di hargai $675 per kilo!. Atau sekitar 6,5 juta rupiah!.
Bila dibagi per sachet “luwak wed ngopi” @20gram ( 6.500.000/ 1 kilo : 20gram = 130.000 ). Jadi, untuk modal biji kopi luwaknya saja berkisar Rp 130.000 ! , Itu belum termasuk distribusi, packaging, iklan yang sangat gencar, dll.
Jadi bisa di pastikan masyarakat Indonesia dibodohi. (۳ ˚Д˚)۳

Fakta Dibalik Mitos Kopi

Arabica Or Robusta
Saat ini, terdapat dua jenis kopi yang selalu menjadi pilihan untuk di jadikan minuman kopi, yakni : robusta & arabica.
Kopi robusta memiliki harga yang relatif lebih murah daripada arabica. Kopi robusta memiliki karakteristik rasa yang cenderung kearah “pahit”.
Efek dari banyaknya kafein yang terkandung di dalamnya. Sementara itu arabica, dihargai lebih mahal daripada robusta, Itu dikarenakan proses penanaman & pasca panen nya yang lebih rumit. Dan karakteristik kopi arabica lebih cenderung ke arah “asam”.
Selain itu kafein yang terdapat dikopi arabica jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan robusta,liberica,excelsa,dll. Bahkan di Brazil telah di temukan proses agar biji kopi arabica menjadi tanpa kafein sama sekali.
Beberapa kawan pernah bertanya kepada saya. ” Kenapa yah, kalau saya minum kopi itu, perut saya menjadi sakit. seperti asam lambung…”.
Saya tegaskan disini, hal2 yang terjadi seperti di atas itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan kopi ( yang bagus ). Kopi Arabica yang saya bilang asam, itu sebenarnya bukan biang keladi dari asam lambung agan. Asam yang terdapat di kopi Arabica itu hanya “Sensasi” yang terdapat di lidah. Berikut ada 3 faktor utama yang menjadi penyebab “asam lambung” seperti kasus di atas. :
1. Lihat dulu, anda sedang meminum kopi apa?. Kopi sachet?… Ya sudahlah tidak perlu di bahas
2. Sakit perut tersebut mungkin terjadi karena anda belum makan. Kopi itu bersifat merangsang lambung untuk bekerja, dan bila di lambung tidak ada asupan. jadilah sakit perut. Karena itu sebelum ngopi lebih baik makan dulu biar nikmat!
3. Dan yang terakhir itu, kemungkinan karena alat kopi/ gelas yang yang digunakan dalam keadaan kurang bersih. Jangankan untuk minum kopi, untuk makan biasa saja, bisa menjadi sakit perut.
Takut ah Gan!, kalau banyak minum kopi nanti tidak bisa tidur“.
Itu juga tergantung dari jenis kopi apa yang anda minum.
Zat kafein lah yang menyebabkan orang menjadi “kuat begadang”. Zat kafein banyak terkandung di dalam kopi robusta. Kopi yang banyak ditemukan di kopi-kopi sachet. Sementara itu di dalam kopi arabica hanya sedikit kandungan kafein nya. Jadi kopi arabica saya sarankan, bila jam tidur agan tidak ingin terganggu. (`▽´)

Rahasia Menikmati Kopi Hitam

Semua Tentang Kopi
Minuman kopi itu sebenarnya bukan minuman yang hanya untuk menemani begadang agan saja. Tahukah agan? Bahwa, setiap kopi itu memiliki karakteristik rasa yang berbeda?, bergantung dari mana daerah biji berasal.
Seperti contoh : mandeling sumatera utara memiliki karakteristik kopi rasa tembakaunya, kopi bali kintamani memiliki rasa citrus kulit jeruknya, atau kopi yang berasal dari asal muasal kopi yaitu, ethiopia memiliki rasa khas winey. Karena itu bangsa eropa menyebut minuman kopi itu winenya orang muslim.
Saya pribadi lebih merekomendasikan kopi arabica bila kalian benar-benar ingin menikmati rasa-rasa yg terdapat di kopi. Itu karena arabica memiliki lebih beragam karakteristik,jumlah dan varietas di bandingkan dengan robusta.
Salah satu bagian penting di dunia kopi arabica adalah. Jangan pernah mencampurkan gula kedalam cangkir kopi agan. Kecuali bila agan ingin cepat terserang penyakit diabetes dan merusak rasa dari kopi tersebut. Memang mungkin awalnya agan akan tidak suka dengan rasanya, bila tanpa gula.
Namun dengan seiring berjalannya waktu sekitar 1 minggu. Saya yakin agan akan mulai bisa menikmatinya dan menemukan beberapa rasa sensasi . Dan sekali lagi saya merekomendasikan minum kopi arabica dahulu yang tanpa gula ketimbang robusta, karena sifat ke “asam”an dari arabica lebih bisa di terima ketimbang sifat pahit” dari robusta.
Sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan secankir kopi enak. Hanya tinggal melangkah masuk kedalam cafe dan memesan kopi disana. Akan tetapi harga black coffee di indonesia cukup mahal. Sekitar rp 20.000. Sehari, kalau minum 3 x sehari. Setidaknya kita harus mengeluarkan 2 lembar rp 50.000.
Tapi tenang! Bila agan sedang berkantong cekak atau memang ingin menikmati kopi di rumah. Akan saya kasih tips-tipsnya

Tips Minum Kopi Enak Di Rumah

Agan bisa menghemat uang “cafe” agan dengan cara : membeli kopi yang masih berbentuk biji ( whole bean ). Bisa dicari di supermarket.
Tetapi saya lebih merekomendasikan membelinya di cafe  atau 45 coffeehop saja, karena lebih terjamin.
Harga whole bean arabica di cafe itu sekitar Rp 65.000 per 250 gram. Bila membeli robusta bisa setengah dari harga arabica!. 250 gram itu bisa di gunakan untuk 25 cangkir. Bila 1 cangkir memakai 10 gram kopi (standar internasional).
Berarti 65.000 : 25 cangkir = Rp 2600. Jadi untuk minum kopi yang berkualitas baik di rumah itu hanya butuh rp 2.600 per cangkir!. Murahkan?
Tapi jangan senang dulu. Untuk bisa menikmati kopi enak seperti yang saya terangkan di atas, agan membutuhkan beberapa alat seduh kopi manual ( manual brewing ). Yang bisa di dapatkan di toko alat2 kopi. Akan tetapi toko alat kopi di indonesia itu sangat jarang sekali. Cukup dengan mencarinya di google dengan keyword ” toko alat kopi “. Biasanya kalau saya memesan alat kopi dengan cara online.
tips : bila beli online, carilah toko online yang memiliki toko di dunia nyata. Untuk menghindari penipuan.
Alat yang paling penting, yang harus agan miliki adalah “coffee grinder”. Sebuah alat yang khusus untuk menggiling kopi. Bila agan menggiling biji kopi yang agan beli dari cafe tersebut menggunakan blender atau di tumbuk. Itu akan mengakibatkan bubuk yang tidak merata, yang berimbas, rasa kopi yang menjadi tidak maksimal.
Harga grinder pun bervariatif. Mulai dari ratusan ribu sampai ratusan juta!. Ada dua jenis utama dari grinder : electric grinder & hand grinder. Untuk pemula, saya rekomendasikan hand grinder ( kecuali bila agan memiliki uang lebih, bisa ke electric ;p ). Harga hand grinder cukup murah berkisar dari 300rb sampai 1juta rupiah.
Menurut saya pribadi hand grinder jenis “Hario Skerton” dari Jepang lah yang terbaik. Dari segi hasil gilingan, tahan lama dan yang paling terpenting harganya murah . Harga Hario Skerton berkisar Rp 450.000 . Nah itu untuk grindernya, sekarang kita ke alat seduhnya!
hario grinderTips: jauh lebih baik, kita menggiling kopinya pada saat ingin menyeduhnya, dengan begitu kita akan mendapatkan seduhan kopi yang lebih fresh. Yang barang tentu tidak akan agan temukan di kopi sachet.
Sebenarnya sangat banyak sekali jenis alat seduh kopi. Mulai dari espresso machine yang membutuhkan waktu hanya 20 detik untuk per-cup@30ml. Sampai cold brew yang membutuhkan waktu 12 jam !.
Untuk pemula saya merekomendasikan yang plaing sederhana dulu, yaitu : french press!
Alat ini sangat simple, karena hanya membutuhkan bubuk kopi dengan gilingan kasar ( bisa kita setting kasar & halusnya dari grinder kita sendiri ). Dan air panas. Harga french press yang berkualitas baik seperti cps-02 hario itu seharga kurang lebih 300rb-an.
So!… Lebih baik keluar uang lebih besar di awalkan? Tapi selanjutnya menjadi lebih murah.
Okay! Saya rasa sudah cukup sharing uneg-uneg tentang kopinya. Semoga semuanya jadi lebih mengerti seperti apa dunia kopi Indonesia saat ini.

Kopi terbaiknya terkenal di luar negeri, eh! Orang Indonesianya malah minum kopi sachetan “. Bagaikan tikus yang mati di lumbung padi.”

Sumber : http://justmyhobby.wordpress.com/2013/11/28/jangan-sebut-anda-pencinta-kopi-sebelum-membaca-artikel-ini/
Regard,
45 Coffeeshop Sidoarjo, Jatim
Baca selengkapnya
/*tambahan lagi*/