Tabulampotku

Tuesday, February 5, 2013

Pepaya California Tabulampot

Saat pertama mengetahui rasa buah pepaya yang satu ini, saya jadi penasaran ingin mencoba menanamnya di dalam pot. Alhasil saya mulai mencoba untuk hunting bibit pepaya tersebut. Setelah sekian lama mencari akhirnya saya temukan juga bibit pepaya california ini disalah satu penjual tanaman di daerah saya. Tanpa pikir panjang saya beli bibit setinggi 10 cm tersebut sekalian potnya. Untuk media tanam saya campur antara tanah, pupuk kandang, sedikit kompos randu dan sekam bakar, dan sekam mentah.


Khasiat buah pepaya adalah sebagai berikut :

Dari hasil seminar tentang pepaya yang diselenggarakan oleh Direktorat Budidaya Tanaman Buah—Direktorat Jendral Holtikultura di Taman Buah Mekarsari, terungkap sejumlah informasi penting tentang manfaat mengonsumsi buah pepaya, di antaranya:
1.Pepaya mampu mempengaruhi hormon pertumbuhan manusia, yang mampu membantu peningkatan kesehatan otot dan mengurangi penimbunan lemak di dalam tubuh,
2. Pepaya mampu membantu mempercepat proses pencernaan protein,
3.Pepaya mampu membantu pengaturan asam amino dan membantu proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh akan kian meningkat,
4. Pepaya membantu meningkatkan kualitas sperma. Pepaya terbukti secara signifikan dalam membantu proses kesuburan pria. Dengan mengonsumsi vitamin C yang dikandung oleh pepaya sebanyak 500 miligram per hari, maka para pria dapat meningkatkan jumlah sperma, menstimulasinya menjadi lebih subur, dan—yang paling penting—mempercepat pergerakan sperma, yang pada akhirnya mempercepat terjadinya kehamilan,
5.Pepaya merupakan salah satu buah yang amat baik dijadikan sebagai sumber antioksidan, yang bisa diandalkan untuk mengenyahkan radikal bebas—pemicu penyakit kanker, karena pepaya mengandung vitamin C dan karoten dalam jumlah yang lumayan banyak,
6. Pepaya memiliki sifat antiseptik dan dapat membantu mencegah perkembangan bakteri yang dapat merugikan usus. Selain itu, pepaya membantu menormalkan pH usus, sehingga keadaan flora usus menjadi normal,
7. Pepaya yang telah masak dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit disentri dan reumatik,
8.Zat papain yang dikandung oleh pepaya dapat memecah makanan yang mengandung protein, sehingga terbentuklah senyawa asam amino yang bersifat autointoxicanting, sehingga otomatis menghilangkan terbentuknya berbagai substansi yang tidak diinginkan tubuh, yang terjadi akibat proses pencernaan yang tidak sempurna. Dengan demikian, kita akan terbebas dari penyakit epilepsi, hipertensi, kencing manis, radang sendi, dan sembelit.
Itulah sebabnya saya ingin menanam pohon ini di halaman rumah saya yg sangat sempit sekali hehehe... Dengan harapan saya dan keluarga dapat memetik buah ini dari pohonnya langsung, selain itu juga vitamin dan gizi untuk anak2 bisa tercukupi.
Saat ini setelah 3 bulan saya menanam, dengan pemupukan dan penyiraman yg teratur sudah mulai muncul calon bunganya. Tinggi pohon ini tidak lebih dari 1 meter saja. Mudah2an sebentar lagi mulai muncul buah nya... ngarep.com.
Adapun ciri2 dari pohon pepaya ini adalah sbb:
1. Benihnya butiran berbentuk lonjong lebih kecil dibanding benih pepaya bangkok. Jika di semai daunnya pun ada perbedaannya warnanya kehijauan muda dan umur di bawah 7 bulan ujung daun sebagian ada kuncirnya yang menjulang pendek di atas daun. orang bilang daunnya ada antenanya.
2. Batang  beruas pendek dan berpelepah seperti daun pepaya lainnya.
3. Setelah usia sekitar 3 bulan mulai bermunculan bunga banyak. pertangkai  banyak bermunculan bunga dua jenis yaitu bunga  tidak bisa berbuah (kembang paes) dan bunga  bisa berbuah.
4. Pepaya membantu meningkatkan kualitas sperma. Pepaya terbukti secara signifikan dalam membantu proses kesuburan pria. Dengan mengonsumsi vitamin C yang dikandung oleh pepaya sebanyak 500 miligram per hari, maka para pria dapat meningkatkan jumlah sperma, menstimulasinya menjadi lebih subur, dan—yang paling penting—mempercepat pergerakan sperma, yang pada akhirnya mempercepat terjadinya kehamilan,
5. Warna kulit luar hijau cerah jika buah menjelang masak warna kekuningan mulai muncul di sekitar tangkai.
6. Warna daging dalamnya merah cerah berlobang berbintang lima seperti gambar di bawah ini.
7.Rasanya manis. Pengolahan tanpa tambahan pupuk pemanis bisa mencapai brik berkisat 10, jika di olah dengan pupuk pemanis bisa mencapai brik 14 manis lezat dan kesat.
8. Daya tahan buah jika di simpan tanpa di bantu pengawet bisa bertahan hingga 5 hari.



Bagaimana menurut anda? Apalagi bagi anda yang memiliki lahan yang luas. Tertarik untuk menanam atau berinvestasi pohon pepaya ini?
Berikut update pepaya yg saya tanam, foto saya ambil tanggal 9 Oktober 2013 genap satu tahun dan ternyata buahnya cukup banyak dan sering saya ambil hehehe.... Lumyan kan buat nambah vitamin keluarga tanpa harus beli.

6 comments:

Anonymous said...

Pak bisa beli bibitnya dimana ya?

foresthouse herlambang said...

Banyak pak, via on line yg menyediakan. Kalo bapak berkenan saya yg untuk menyediakan. silakan hubungi atau sms di 087855409099.
Terimakasih

Anonymous said...

apa sekiranya kami bisa mengundang anda untuk menjadi pembicara dalam acara seminar kami?

foresthouse herlambang said...

Mohon maaf yang sebesar besarnya pak, bukan bermaksud saya menolak. Namun dengan penuh kerendahan hati, mungkin lebih banyak orang yang jauh lebih berpengalaman daripada saya. Karena saya sendiri disini juga masih perlu belajar banyak dari para ahli2 nya.
Terimakasih banyak atas tawarannya.

harman said...

nice article

http://www.penyembuhan-sariawan.blogspot.com

http://www.luka-sariawan.blogspot.com

http://www.infeksi-sariawan.blogspot.com

http://www.sariawan-obat.blogspot.com

http://www.sakit-sariawan.blogspot.com

http://www.sprue-killer.blogspot.com

Menjual Cover jok motor Elegan (hub: 022-95153553)
dengan berbagai pilihan warna....

sbobet said...

Pepaya emang mantap

/*tambahan lagi*/