Tabulampotku

Monday, October 15, 2012

Semangka Tabulampot


Antara percaya atau tidak, dalam kurun waktu kurang dari 3 minggu, biji tanaman semangka yang saya tanam  di dalam polybag sudah mulai mucul buah. Fiuuuh.....
Berawal dari pertanyaan sederhana yang terlontar dari anakku."Pak, kapan kita bisa panen buah lagi?" Seketika terlintas dipikiranku untuk menanam tanaman buah semusim
umur 1 minggu
Minggu akhir bulan September setelah gajian, pulang kerja langsung mampir ke toko bibit dan mulai hunting, kira2 tanaman apa yg cocok aku tanam di rumah. Ada tiga pilihan bibit yg aku suka... hmmm... semangka, melon atau blewah ya. Akhirnya pilihan jatuh ke semangka, karena selain segar, manis dan buahnya gede. 
Dalam buah semangka terdapat kandungan zat antitoksin serta glutathione. Kedua zat ini banyak terdapat di dalam buah ataupun sayur yang berwarna merah seperti buah semangka ini. Zat Antitoksin yang ada dalam buah semangka sudah terbukti memiliki khasiat untuk mencegah berbagai jenis macam penyakit.
Bibit yg aku pilih semangka baby sugar, dengan 25 ribu aku bawa satu kemasan yg berisi sekitar 30 biji benih tersebut ke rumah.
umur 20 hari
Keesokan harinya, karena kebetulan hari sabtu, jadi banyak waktu untuk mempersiapkan media tanah untuk menanam benih semangka tersebut. Media yg aku pakai adalah tanah, sekam, pupuk kompos daun randu dan pupuk kandang. Karena aku pikir semangaka adalah tanaman semusim maka aku putuskan untuk menanm di dalam polybag ukuran 50.
Setelah semuanya siap, aku biarkan dulu untuk beberapa saat. Sore menjelang malam aku masukan bibit2 tersebut kedalam metan (Media tanam)
Tak terasa satu minggu sudah berlalu, dan pohon semangka itu menunjukan kehidupan yg cukup baik. Untuk pupuk saya hanya memberikan pupuk pertumbuhan dgn nilai N lebih tinggi dari P dan K nya, serta pupuk organik vit B1 yg berupa cairan, allhamdullilah beberapa daun dan tangkai telah muncul...
Umur 3 minggu
Setelah umur kurang lebih 2 minggu, pertumbuhan tanaman itu semakin mencengangkan. Beberapa bunga dan pentil buah mulai muncul.
"Semoga cepet besar yaaah nak...buahnya dan sebentar lagi kita bisa panen semangaka"
"Iya pak, biar aku aja yang siramin pake pistol air mainan ini ya, Pak"

Up date aah... hehehe. Setalah 6 hari ternyata ada perubahan yg cukup significant.
Umur hampir 1 bulan penampakan buah semangka di polybag semakin jelas
diameter 6 cm
Tiap pohon ada 2 s/d 3 buah semangka
Up date lagi yaa...
Berarti saat foto ini diambil, semangka telah berumur 40 hari
Semangka tabulampot
Ngga sabar nunggu panen :(

Berita Duka :'(  :'(

Setelah sekian lama menunggu dan merawat dengan susah payah akhirnya...
Yang memanen semangka adalah tikus....


Yah.... apa boleh buat, tetapi sepertinya kita ngga boleh putus asa. Bukankah kegagalan adalah awal dari kesuksesan hehehe.. Next time coba lagi yaah, dengan memikirkan bagaimana supaya hal ini tidak terjadi lagi.



By Belalang tua



10 comments:

tukang tandur said...

Percaya..tinggal nunggu incip-incipnya yahhh...

Anonymous said...

sy jg lg cb smangka polybag. Bang cr pemangkasannya gmn y? Mksi

Anonymous said...

saya dan teman saya dulu pernah menanam semangka dalam pot.
tapi gagal karena membusuk dan di makan tikus.
oh ya tumbuhan semangka ini apakah perlu dipangkas juga?

Anonymous said...

kalau semangka ini biasanya tumbuh pada musim apa ya?

Liefhebbers Van Het Leven said...

Om.. Sya juga ada rencana mau tanam semangka. Tapi lahan yang ada cuma di teras atas..dan itu terkena sinar matahari langsung..jadi puanas banget...ga ada tempat teduh.. Bener2 lapang kena sinar matahari. Kira2 bisa ga ya om saya tanem di tempat sperti itu? Takutnya mati karna kepanasan? Dan minta saran agar tidak dimakan tikus om. Terimakasih om..

wisata bromo said...

aq pengen nyoba juga

Yuli Ariyadi Santoso said...

Wah bagus itu. Tempat yg tepat. Semangka justru senang di tempat yg full sun dan panas. Sering2 aja nyiram, 2 kli sehari. Pagi sore

Yuli Ariyadi Santoso said...

Wah bagus itu. Tempat yg tepat. Semangka justru senang di tempat yg full sun dan panas. Sering2 aja nyiram, 2 kli sehari. Pagi sore

Horace D. Hughes said...

Untuk informasi lebih lanjut tentang tabulampot mangga silahkan kunjungi http://solusikebun.com

Anonymous said...

Bang saya nanam dari biji ini, dan udah berkecambah,
Untuk metan di polybag komposisinya apa sajakah?
Cara buat media merambatnya gmana bang

/*tambahan lagi*/