Tabulampotku

Saturday, October 20, 2012

Putsa Tabulampot

Putsa

Putsa Genjah
Ada yang menarik dari tanaman satu ini. Semenjak aku beli 4 bulan yang lalu sampai dengan hari ini, setiap tamu yang datang ke rumah selalu melirik dan menanyakan pohon apa itu?
Bahkan ada beberapa teman yang tertarik untuk membelinya dengan harga yang lumayan hehehe.. Meskipun aku sudah katakan bahwa banyak orang yg menjual bibit buah putsa ini, namun yaaah.. namanya juga orang tertarik tetap aja maunya pohon yang ini, katanya.

Dengan sedikit pengatahuan yang aku dapat mengenai informasi pohon ini, aku coba untuk menjelaskan ke mereka. 

Putsa adalah tanaman sejenis Apel, berasal dari India. Oleh sebab itu Putsa juga dikenal sebagai Apel India. Buahnya berukuran sedang dengan warna hijau muda dan berubah menjadi kekuning-kuningan jika sudah matang. Rasa buahnya manis dan renyah. 

Tanaman Putsa termasuk rajin berbuah dan tidak mengenal musim. Selama syarat-syarat tumbuhnya terpenuhi dengan baik, Putsa cenderung berbuah sepanjang tahun tanpa henti. Buahnya lebat. Jadi untuk mendapatkan buah yang besar dan bagus, lakukan penjarangan buah.

Rendahnya kandungan gula pada buah apel putsa ini dipercaya berkasiat dapat menurunkan berat badan khususnya selama masa diet dan menurunkan kadar kolesterol. Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Tidak ada perlakuan khusus yang diperlukan dalam merawat budidaya putsa. Yang perlu diperhatikan adalah ; media tanam jangan sampai kering. Jika media tanam kering buahnya akan rusak dan turut kering.
Sumber : http://www.sriwijayatani.com/index.php/putsa

Buah Putsa
Hingga artikel ini saya tulis, sudah beberapa kali aku petik buahnya hehehe.. Lumayan kan paling tidak setiap hari ada aja buah yang dimakan dari kebun sendiri. Rasa dari buah ini cukup enak, ketika masih muda rasanya manis, segar dan renyah sangat mirip dengan apel malang. Dan ketika sudah masak woow.. warna buahnya menjadi lebih menarik yaitu kuning kehijauan dan rasanya hmmm yuumiii... jauh lebih manis brow... lebih seger apalagi kalo kita simpen dulu di lemari es... huuufttt... mak nyuus... 
Sayangnya buah putsa tidak terlalu besar, hanya sebesar buah tomat atau kurang lebih diameter 10 cm lah. 
Demikian sedikit ulasan mengenai tanaman ini, mudah mudahan makin banyak orang yang membudidayakan tanaman ini. Jadi kalo kita pengen, setiap saat bisa beli di pasar atau supermarket. 
Ihsan dan buah putsa

Bila anda termasuk orang yang tidak suka memelihara tanaman akan tetapi ingin menikmati buah apel putsa dan anda sedang beruntung, dapat menemukan buah apel ini di pedagang buah dengan harga berkisar antara Rp20.000-25.000 per kilogram.




7 comments:

tukang tandur said...

jehhh...wes tak dp loh ya...

foresthouse herlambang said...

Oke... bos... kapan diangkut...
wes tambah akeh pentil buah e

lycaena said...

colector tanaman langka kah? bisnis?? hmmm join ok nih...
inspiring...

foresthouse herlambang said...

Waah... tawaran yang menarik nih lycaena, sebenarnya tanaman ini sudah banyak yang memeliharanya, tetapi jarang yg membudidayakan secara massal. Alangkah indahnya jika buah putsa ini dapat dengan mudah kita temui di pasar2 atau supermarket seperti halnya buah pisang, semangaka, pepaya dll :)

Wakudi Tarsilan said...

mantaaf fren.
Aku juga lg memperbanyak bibitnya fren.dgn target 1jt bibit.

foresthouse herlambang said...

Wow.... Kereen banget tuh Pak.
Sukses terus ya Pak. Semoga suatu saat nanti aku bisa nyusul hehehe

Pemulia Alam said...

Artikelnya sangat menarik dan bermanfaat bagi yang sedang mencari info pertanian dan bertanam Apel India/Putsa. Potensi Indonesia sangat besar untuk mengembangkan agrobisnis jika dikelola dengan dukungan sistem dan ilmu pengetahuan.

/*tambahan lagi*/