Tabulampotku

Friday, August 21, 2015

Teknik Dasar Manual Brewing / Cara Seduh Kopi



Akhir akhir ini semakin populer dikalangan cafe atau pecinta kopi beberapa metode atau cara penyeduhan kopi. Tujuan dari teknik manual brewing ini untuk mendapatkan cita rasa kopi agar sesuai dengan yang kita inginkan. selain itu kopi juga menjadi lebih bersih atau tanpa ampas.Bagi anda yang ingin mencoba merasakan atau bahkan mempraktekan sendiri menggunakan alat2 dengan methode manual tersebut bisa langsung datang ke outlet kami 45 coffeeshop.. Free! Gratis..
Ke unikan atau seni menyeduh kopi dengan cara manual adalah 1 varian kopi jika kita seduh dengan alat yang berbeda akan menghasilkan taste yang berbeda pula.

Outlet 45 Coffeshop jam buka 8 pagi sampai jam 01 malam, kami ada di:
1. Garha Kopi Nusantara, Perum Graha Asri Sukodono blok B no 1, Sukodono Sidoarjo telp 031 8831656
Klik untuk  Show Location
IG : 45_coffeeshop
Kami Menyediakan lebih dari 70 Varian kopi baik Arabika maupun Robusta dari seluruh Nusantara. Jadi konsep dan misi dari 45 coffeshop adalah memperkenalkan kopi Indonesia ke masyarakat Indonesia dengan kopi yg berkulitas dan harga terjangkau dan meng edukasi masyarakat soal kopi dan cara meyeduh kopi. Untuk melihat varian koleksi kopi dan pricelist kopi silahkan klik :
Harga Kopi Nusantara
Tips Awal membuka Kedai Kopi Nusantara

Berikut sedikit sharing tentang teknik dasar Manual brewing atau seni menyeduh kopi.

POUR OVER
Metode pour over  merupakan metode dalam penyeduhan kopi yang sudah dikenal sejak lama. Metode ini memang tidak sulit namun juga tidak sederhana, karena dalam menyeduh kopi membutuhkan proses yang jeli agar dihasilkan seduhan kopi yang berkualitas dan nikmat. Dalam tekhnik penyeduhan kopi yang dilakukan secara manual, Pour Over adalah metode penyeduhan kopi yang menurut kami paling cepat, praktis dan efisien.
          1. Siapkan kertas filter yang akan digunakan, biasanya kertas filter ini dijual terpisah dengan alat seduh kopinya.
 
      2. Didihkan air hingga mencapai suhu 92-95 °C. Siapkan biji kopi yang akan diseduh. Sembari menunggu air mendidih, giling biji kopi. Ukuran bubuk kopi yang ideal untuk metode ini adalah medium, ukuran bubuk kopi yang serupa dengan ukuran garam dapur halus. Untuk  rasio kopi dan air, bisa anda sesuaikan dengan selera anda. Untuk itu banyaklah-banyaklah bereksperimen guna mengetahui rasio yang pas dengan lidah anda.
       3. Tempatkan filter kertas tadi ke pour over. Kemudian basahi pour over dengan sedikit air panas. Usahakan air panas mengenai semua bagian kertas. Hal ini bertujuan untuk menghindari aroma kertas yang bisa saja tercampur dengan seduhan kopi dan supaya alat V60 dan wadah tersebut panas. Hal ini bertujuan untuk menghindari aroma kertas yang bisa saja tercampur dengan seduhan kopi dan supaya wadah tersebut panas.

       4. Masukan bubuk kopi yang telah digiling kedalam pour over kemudian buat lubang kecil pada bagian tengah.

      5. Kemudian tuangkan setengah air yang telah anda didihkan tadi secara perlahan , Cara menuangkan airnya pun tidak sembarangan, Anda bisa menuangkan air dari bagian tengah kemudian berlanjut dengan gerakan melingkar. Trik yang disebut Stepping Time ini bertujuan untuk memberikan waktu pada kopi untuk mengeluarkan aroma dan rasa terbaiknya. Agar hasil seduhannya maksimal, dalam setiap gerakan satu lingkaran Anda perlu mendiamkan sebentar hingga air yang dituangkan terserap hingga bagian dasar kopi.Langkah ini diulangi seterusnya hingga selesai.Durasi 3 menit sampai 4 menit.
      6. Selanjutnya anda hanya perlu menunggu proses driping selesai. Setelah itu, anda dapat langsung secangkir kopi nikmat yang aromatik dan menggugah selera.



  

METODE VIETNAM DRIP


            1. Persiapkan kopi yang ingin anda seduh. Untuk rasio kopi yang biasa saya gunakan adalah 10 gr kopi untuk setiap 90 ml air. Namun itu bisa anda sesuaikan karena beberapa barista yang saya baca tulisannya menggunakan rasio 10 gr : 120 ml.  
       2. Selanjutnya giling biji kopi menggunakan grinder dengan ukuran bubuk kopi yang medium.
          3.  Kemudian didihkan air, dengan menggunakan 90 ml air. Sedangkan untuk suhu kebanyakan barista mendidihkan air hingga air mencapai suhu 92- 95°C karena ada kemungkinan suhu akan berkurang pada saat proses penyeduhan berlangsung
          4.  Persiapkan filter, sebaiknya cuci terlebih dahulu filter yang akan digunakan karena sisa-sisa bubuk kopi atau debu yang tertinggal di dalam filter akan merusak aroma kopi anda nantinya.           
          5. Kemudian masukan bubuk kopi yang telah digiling kedalam filter. Tapi sebelum memasukan bubuk kopi, buka dulu plunger

          6. Setelah bubuk kopi dimasukan kedalam filter, ratakan bubuk kopi menggunakan plunger. Kemudian biarkan plunger tetap berada di dalam filter.
           7.  Kemudian tuangkan air panas ke dalam filter. Awali dengan menuangkan 20 ml air terlebih dahulu. Kemudian diamkan selama 20 detik. Trik ini akan membuat air dan kopi terekstrak dengan baik.

           8. Setelah menunggu 20 detik, tuangkan sisa air ke dalam filter kemudian tutup filter lalu tunggu hingga 4 menit.



           9. Setelah 4 menit buka katup filter dan lihat apakah air sudah turun semuanya. Jika dalam waktu 4 menit masih terdapat air didalam filter itu berarti ukuran bubuk kopi anda terlalu halus. Jadi lain kali giling kopi sedikit lebih kasar. 
                10. Sekarang anda hanya tinggal menikmati secangkir kopi nikmat yang smooth dan minim ampas.
1



 FRENCH PRESS

                   1. Giling biji kopi menggunakan grinder kemudian atur ukuran gilingan ke ukuran yang paling kasar.
             2. Atur rasio antara kopi dan air terlebih dahulu. Hal ini dapat anda sesuaikan dengan selera anda. Saya menyarankan anda untuk menggunakan timbangan digital karena dengan menggunakan timbangan digital anda akan dapat melakukan riset terhadap rasio mana yang pas dengan selera anda.
                   3.  Masukan bubuk kopi yang telah anda giling tadi ke dalam tabung. Namun sebaiknya anda menyiram tabung dengan air panas terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk memastikan tabung anda benar-benar terbebas dari debu atau bekas bubuk kopi sisa penggunaan anda sebelumnya yang dapat merusak citarasa minuman anda nantinya.
             4. Tuangkan air panas kedalam tabung. Suhu yang ideal untuk metode french press adalah 90-95 °C. Jadi pastikan pula anda memiliki termoter untuk mengetahui suhu air anda. 
             5. Setelah air di tuangkan, aduk-aduk kopi selama 30 detik. Setelah mengaduk, tutup tabung kemudian diamkan selama 4 menit.
              6. Setelah 4 menit berlalu, tekan plunger secara perlahan. Apabila anda merasa lebih berat ketika menekan plunger, berarti ukuran bubuk kopi anda masih terlalu halus.

            7. Setelah filer plunger telah sampai di dasar tabung, artinya pekerjaan anda telah selesai. Sekarang, anda hanya tinggal menikmati minuman kopi.




 SYPHON


     1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan air dan dimasukkan ke dalam kontainer air yang terdapat pada bagian bawah coffee maker tersebut. Air yang di isi kedalam server boleh dengan air dengan suhu ruang ataupun air panas. Air panas lebih mempercepat proses
pemanasan saat menggunakan burner.
          2.Selanjutnya pasang filter ke kontainer bagian atasnya.
1         3. Setelah terpasang jangan lupa kaitkan kebagian bawah funnel, agar filter tidak terlepas pada saat brewing.


1.       4. Setelah filter terpasang, masukkan kontainer bagian atas keserver bagian bawah. Sekarang siap untuk melakukan ritual brewing dengan Syphon.


1         5. Kemudian masukkan bubuk kopi dengan tingkat kehalusan medium ke dalam kontainer tersebut secukupnya sesuai dengan selera Anda tentunya.

   6. Langkah selanjutnya adalah menyalakan api dari alat pemanas berbahan bakar spirtus yang berada di bagian bawah kontainer air. Atur panjang sumbu sehingga api tersebut dapat menyentuh bagian bawah dari kontainer air. Untuk review ini kami menggunakan mini gas burner yang dijual terpisah, untuk mempercepat proses brewing.

1        7. Langkah selanjutnya Anda perlu menunggu hingga proses pemanasan terjadi sehingga akan terjadi tekanan pada air dan air tersebut akan naik ke funnel.
 

1.       8. Ketika air habis terangkat segera aduk kopi dengan perlahan dan diamkan 45 detik.


1.          9. Matikan api dengan cara menutupnya dengan tutup tungku api. Selanjutnya kopi akan mengalir ke bagian bawah coffee maker tersebut.


   10. Setelah selesai mengalir keserver, cabut container bagian atas. Tuang kopi ke dalam cangkir dan kopi siap untuk Anda nikmati.
 


IBRIKS 


        1.  Isi Ibriks dengan kopi sebanyak kurang lebih 2 sendok makan atau +/- 10gr.


       2. Masukan gula sesuai selera. Aduk hingga gulanya mencair. Namun, bisa juga tanpa gula



                3. Panaskan di kompor sampai mulai mendidih. Bila mulai mendidih, angkat dan panaskan lagi. Lakukan sekitar 3 kali.
Tahap ini harus dilakukan dengan hati-hati. Bila diperhatikan, Ibriks memiliki pegangan dari plastik agar menghindari panas ke tangan.




        4. Tuangkan kopi sekaligus, jangan ragu-ragu. Biasanya bila perlahan-lahan kopi akan tercecer di Ibriks dan cup.



MOKA POT

         1. Giling biji kopi anda menggunakan grinder. Ukuran bubuk kopi yang ideal untuk metode Moka Pot adalah Medium Fine.
         2. Setelah biji kopi digiling, masukan ke komponen bagian tengah, kemudian ratakan dengan menggunakan jari. Ingat, anda hanya perlu meratakan, jangan ditekan karena itu akan membuat kopi dan air tidak terekstrak dengan baik. 
      3. Selanjutnya masukan air ke bagian moka pot yang paling bawah. Sebagian barista menggunakan air hangat/panas, namun sebagian lagi menggunakan air dengan suhu yang sedang (tidak dingin dan tidak panas).
          4. Jika air dan kopi telah ditempatkan pada tempatnya masing-masing, lanjutkan dengan menyatukan ketiga komponen tersebut.

        5.  Setelah itu tempatkan moka pot di kompor dengan keadaan katup terbuka kemudian nyalakan api dengan ukuran yang kecil. Jika Anda sudah melakukannya dengan benar kopi yang menguap akan terlihat pekat, mengeluarkan buih-buih, dan berwana coklat keemasan,


        6. Setelah semua air yang berada dibawah naik ke bagian atas, tutup katup moka pot kemudian angkat. Selalu gunakan kain tebal untuk memegang moka pot karena moka pot akan sangat panas
       
       7. Untuk langkah akhir, tuangkan kopi kedalam cangkir kesayangan anda. Selanjutnya anda hanya tinggal menikmat seduhan kopi menggunakan Moka Pot.



ROK PRESSO 

1.      Siapkan bubuk, lalu isi ke 'PortaFilter', lalu padatkan dengan 'Tamper Spoon' yang tersedia.
·      *   Hasil akan lebih baik jika PortaFilter nya panas, cukup celup ke air panas.
·     *    Gunakan kopi bubuk yang masih segar, dan simpan kopi yang belum dipakai dalam sebuah toples yang kedap udara

2.      Pasangkan pada tempatnya dengan mantap agar bubuk kopi yang telah dipadatkan tidak 'membuyar..

3.      Isi air panas ke tempatnya dalam posisi lengan tertutup.

       Pada umunya, gunakan air panas yang segar, bersih dan mendidih. Hali ini dapat menghasilkan suhu seduh optimal untuk Espresso 90-95 derajat 
    * Isilah air panas sebatas Double Espresso (60ml.) 


4.      Tarik kedua lengan ke atas dengan perlahan, air akan membasahi permukaan bubuk kopi Anda.


5.      Tekan kedua lengan kebawah dalam satu gerakan dengan mantap secara seimbang. Gerakan inilah yang akan menghasilkan tekanan. 
           * Cobalah untuk mencapai posisi mentok kebawah sebelum 7 detik pertama
                  *   PRESSO dapat menghasilkan tekanan 5 hingga 10 bar!

6.      Setelah mentok, tahan di posisi itu dengan jemari lainnya, JANGAN MENGENDUR, dan lepaskan tahanan apabila air sudah tidak mengucur. Dan secangkir Espresso siap dinikmati!


 LATTE ART DENGAN MANUAL BREWING

      Terkadang bisa memebuat latte art merupakan sebuah impian untuk kita. Tetapi sering kali hal itu terhambat karena mahalnya mesin espresso yg sudah dilengkapi alat steam susu. Selain mahal juga membutuhkan konsumsi listrik yang besar untuk menghidupkan mesin tersebut.
      Nah untuk menghadapi masalah tersebut tidak ada salahnya ada mencoba trik dibawah ini. Selain menggunakan alat alat yang sederhana kita juga menggunakan susu kental manis atau SKM. Kenapa kita menggunakan SKM? karena dapat dengan mudah kita temukan diseluruh pelosok desa dan sewaktu waktu dapat anda beli di toko terdekat anda. 
     Alat2 dan bahan yang kita gunakan :
     1. Kopi murni 
     2. Susu Kental manis
     3. Rok Presso atau vietnam drip atau moka pot
     4. French press
     5. Milk jug
     Untuk cara pembuatannya silahkan klik link di bawah ini

Nah.. Bagaimana? Bagi anda yang penasaran dan ingin mencoba, silahkan datang ke gerai 
kami dengan alamat diatas... GRATIS
Untuk Fast respon bisa menghubungi nomer CS kami : 085269977555 pin :5CBBB1C7
atau telp ( 031 ) 8831656
Selamat mencoba dan selamat ngopiiii... :)

39 comments:

Anonymous said...

Makasih infonya mas infonya.ilmunya sangat berarti

Unknown said...

Gan, accept bbm ya.. atas nama dandi. Thanks!

Java Boys said...

Accept bbm ya bro..a.n catur

Java Boys said...

Accept bbm ya bro..a.n catur

Java Boys said...

Accept bbm ya bro..a.n catur

paul said...

Sudah mas kita accept

W. R. Suherman said...

Keren mas mantap untuk nambah wawasan bagi barista lainnya

Unknown said...

Sangat membantu mas.. Thx..

Unknown said...

Sangat membantu mas.. Thx..

Unknown said...

Bos, accept BBM ane a.n Abros S Derridean

Unknown said...

Terima kasih maas infonya berguna bangettt buat newbie xixi

Unknown said...

Nice info
Thx gan

Dodi_Subur said...

Mas, saya punya kapasitas moka pot 4 cup. Yang saya tanyakan saya cuma ingin bikin kopi 1 cup saja. Apa bisa filter tidak di isi kopi bubuk penuh . TQS

paul said...

Sama-sama. Smoga bermanfaat untuk semua pembaca. Trims.

paul said...

@Dodi_Subur
Untuk info lebih jelasnya silahkan hubungi Telp/WA : 085269977555 / 081269977555
Trims

kita.serasi said...

trm kasih ilmunya. berbagi itu indah

paul said...

Sama-sama

Unknown said...

Mantap mas paul

paul said...

@mujib_jibril
Trima Kasih mas. Monggo mampir mas ke kedai 45Coffeeshop

Anonymous said...

Info donk broo, skm yg pas buat bahan steam milk apa yaa dan apa perlu pake di campur susu bubuk juga..
Thks..

paul said...

@Ariey al ghazy
Kita pakai frisian flag mas ga perlu dicampur susu bubuk

Anonymous said...

Oke makasiy yaa infonya..
Salam kopi..

paul said...

@Ariey Al Ghazy : klo ingin lebih jelasnya bisa buka dsni gan http://myforesthouse.blogspot.co.id/2017/01/pilihan-alternatif-untuk-membuat-cafe.html


Salam Kopi Nusantara
Salam 45Coffeeshop

faisal said...

Makasi mas info nya..dalam waktu dekat sya mau mampir k tkp yg d sbya mas sekalian blajar langsng
..ada rencana mau buka kedai kopi.salam kopi nusantara

paul said...

@ Nobhi Susanti : Siapp, Silahkan..


Salam Kopi Nusantara
Salam 45 Coffeeshop

Angelina Silvana said...

Sangat membantu . Makasih ya mas

paul said...

@Angel Silvana : SIappp.. Sama" mba.. Berbagi ilmu itu indah ;)
Terima Kasih sudah mampir di blog kita..


Salam Kopi Nusantara
Salam 45Coffeeshop

Unknown said...

Kopi enak ya di 45coffeeshop 😀

paul said...

siipp.. Terima Kasih sdh mampir di 45Coffeeshop ;)


Salam Kopi Nusantara
Salam 45Coffeeshop

NONTON FILM ONLINE said...

acceot bm nya gan,,

adit said...

Tubruk ndak klah mantepnnya

Mesin espresso said...

Menarik dan informatif artikelnya .... Terimakasih

mohamad jamburi said...

Sangat membantu untuk pemula seperti saya
https://www.duniaremaja.xyz/?m=1

Unknown said...

Nice share. Please share this too.

1. Espresso Grinders : http://www.toolsbuff.com/categories/Espresso-Grinders/

2. Eureka KRE Espresso Grinder : http://www.toolsbuff.com/products/Eureka-KRE-Espresso-Grinder.html

3. Compak F10 Fresh Espresso Grinder - Polished Aluminum : http://www.toolsbuff.com/products/Compak-F10-Fresh-Espresso-Grinder-%252d-Polished-Aluminum.html

4. Broil King Sovereign XLS 20 Stainless Steel/Black 4-Burner (50,000 BTU) Liquid Propane Gas Grill : http://www.toolsbuff.com/products/Broil-King-Sovereign-XLS-20-Stainless-Steel%7B47%7DBlack-4%252dBurner-%2850%2C000-BTU%29-Liquid-Propane-Gas-Grill.html

5. Broil King Baron S590 Stainless Steel 5-Burner Natural Gas Grill with 1 Side Rotisserie Burner : http://www.toolsbuff.com/products/Broil-King-Baron-S590-Stainless-Steel-5%252dBurner-Natural-Gas-Grill-with-1-Side-Rotisserie-Burner.html

6. Mazzer Mini E Espresso Grinder - Type A : http://www.toolsbuff.com/products/Mazzer-Mini-E-Espresso-Grinder-%252d-Type-A.html

7. Breville Grind Control Coffee Maker : http://www.toolsbuff.com/products/Breville-Grind-Control-Coffee-Maker.html

Petrik said...

terima kasih atas infonya, mgkn bisa mampir ke tempat saya disini

Jual Kopi Murah said...

Untuk Cara Seduh Kopi manual saya lebih memilih Syphon karena keunikan dari proses penyajiannya.

Link slot Gacor Terpercaya said...

POKERVVIP Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

Agen Poker online
Agen Poker Pkv
Agen Poker Online
Bandar Poker PKv
Poker online
Agen Poker Uang Asli
Situs Judi Poker Online Indonesia
poker online
Agen Poker Online Terpercaya
Situs Judi Poker Online Pkv

Aurel Lia said...

Very clean Post, appreciate it for this post thank you so much sir. Don't Forget to visit my site:
pengeluaran sydney

Jasa Pembuatan Huruf Timbul Indonesia said...

kami menyediakan jasa pembuatan HURUF TIMBUL untuk membuat nama atau brand:
*Restoran
*perusahaan
*kantor
*sekolah
*salon
*bank dan masih banyak lagi kegunaannya

bahan yang kita gunakan yaitu:
-Stenlis
-Akrilik
-Galnavil
-Kuningan

untuk harga nya mulai dari 20 - 40rb/ cm
harga dapat menyesuaikan dari banyaknya huruf, disain huruf dan bahan yang akan di gunakan.

selain itu kami juga menyediakan jasa pembuatan TOTEM DAN NEON BOX untuk PLN, SPBU, RUMAH SAKIT,BANK, STASIUN, DLL

jasa layanan kami dapat di gunakan di seluruh daerah di Indonesia.

untuk informasi lebih lanjut, anda dapat hubungi kami di :
Tlp: 081996000567
Wa : 081977000899
office : Cv. Bahagia Sukses makmur
Alamat : Taman Ubud Cendana 1 no.19 Lippo Village

#HURUFTIMBULSTENLIS #HURUFTIMBULAKRILIK #HURUFTIMBULGALVANIL #HURUFTIMBULKUNINGAN #NEONBOX #TOTEMPLN #TOTEMSPBU https://id.pinterest.com/jasahuruftimbuli/

https://jasahuruftimbulindonesia.wordpress.com/

https://jasahuruftimbulindonesia.blogspot.com/

https://twitter.com/jasahuruftimbu1

https://www.instagram.com/jasahuruftimbulindonesia/

https://huruftimbuljakarta14.blogspot.com/

/*tambahan lagi*/