Tabulampotku

Wednesday, January 8, 2014

KOPI BALI KINTAMANI

Gunung Batur
 Perkebunan kopi kintamani bali merupakan perkebunan rakyat dengan persebaran yang luas,berada pada tofografi yang berbukit,tingkat produktivitas yang beragam dan dibudidayakan dalam kawasan spesifik dengan ketinggian tempat di antara 900 -1600 dpl. Kawasan ini memiliki iklim yang khas berudara dingin dan kering dengan fluktuasi temperature yang cukup tinggi.Tanah vulkanik dengan jenis tanah entisol dan inceptisol dan dikenal sebagai salah satu dari origin coffee di Indonesia.
 Sebagai kawasan agroindustri yang dikelola secara efektif dan efesien. Pada tahun 2007 diusulkan sebagai kawasan Masyarakat perlindungan indikasi geografis (MPIG) dengan produk unggulan kopi arabika. Pada tahun 2008 Kawasan MPIG secara resmi mendapatkan pengakuan dari pemerintah Indonesia sebagai kawasan yang bersertifikat Indikasi Geografis (IG) terhadap produk kopi arabika kintamani Bali.

Seiring dengan pesatnya perkembangan kopi di kawasan kintamani pada tahun 2010 Bank Indonesia melakukan MoU dengan Pemerintah Daerah Bangli untuk melakukan pendampingan terhadap klaster kopi arabika kintamani.

Pada tahun 2012 atas prakarsa dari Bank Indonesia, seluruh petani yang tergabung dalam  64 Subak (3021 keluarga tani) yang tersebar dalam kawasan MPIG berinisiatif membuat sebuah koperasi kopi MPIG kintamani.   Dengan koperasi diharapkan tingkat pemasaran menjadi lebih baik dan mampu memberikan kesejahteraan bagi semua petani kopi di kawasan MPIG.
Dengan berlandaskan Tri hita karana yaitu adanya keseimbangan antara petani dengan tuhan, petani dengan petani dan petani dengan lingkungan. Perkembangan kopi arabika di kawasan kintamani semakin pesat  dengan kelestarian alam yang tetap mempesona. Cita rasa yang dimiliki begitu eksotik dengan  rasa jeruk yang dominan, body sedang,  acidity sedang sampai tinggi dengan berbau wangi menyerupai herbal. Masyarakat  bali pada umumnya meyakini kopi ini  memiliki nilai religious    karena setiap enam bulan masyarakat bali pada umumnya melakukan sebuah tradisi khusus penghormatan terhadap semua tumbuh tumbuhan termasuk kopi sehingga kopi yang kami  produksi mampu memberikan ketenangan bagi penikmatnya .

Untuk mengetahui harga kopi yg lain silahkan kunjungi :
Price list Harga kopi

Bagi anda yg berminat bisa menghubungi 
085269977555 atau pin 5CBBB1C7


1 comment:

Gede Bali said...

Kami menyedikan Kopi Bali Arabica & Robusta asli dari perkebunan Kintamani.

Sedia dalam bentuk bubuk dan biji kopi.

info hub.08563430171

/*tambahan lagi*/